Kumpulan Tugas IPA

Penjelasan Fungsi Inti Sel Secara Lengkap

Inti sel atau yang juga disebut dengan nukleus merupakan bagian pada sel yang menampung materi genetik seperti DNA dan RNA. Fungsi inti sel yang paling utama adalah untuk menjaga integritas gen dan untuk memimpin kegiatan di dalam sel dengan mengatur proses atau fungsi gen. Pada sel eukariotik dapat ditemukan selaput tipis yang membungkus inti sel.

Fungsi Inti Sel

Selaput tipis tersebut merupakan membran inti yang berfungsi dalam proses pertukaran materi antara cairan inti sel (nukleoplasma) dengan sitoplasma. Selain itu, inti sel pun juga memiliki bagian bagian yang menyusunnya. Di dalam sebuah inti sel selalu terdapat anak inti atau nukleous yang berguna untuk mengatur kinerja inti sel. Inti sel memiliki fungsi yang sangat penting bagi perkembangan sel pada makhluk hidup.

Beberapa Fungsi Inti Sel Beserta Penjelasannya

  1. Inti sel sebagai media penyimpanan informasi genetik.
Inti sel berguna untuk media penyimpanan informasi genetik sebab di dalam inti sel terdapat membran inti yang bertugas untuk mempertahankan DNA di dalam wajahnya. Rangkaian DNA merupakan rangkaian yang sangat rumit, sebab terdiri atas banyak gen yang mewakili tiap tiap spesies.
  1. Inti sel sebagai wadah replikasi dan transkripsi.
Dalam hal ini, inti sel berfungsi sebagai tempat di mana DNA melaksanakan replikasi. Replikasi tersebut di dalam siklus sel terjadi pada fase G1. Sehingga dengan adanya replikasi DNA tersebut maka akan terjadi protes mitosis setelahnya.
  1. Inti sel sebagai pengatur siklus sel.
Inti sel berguna untuk mengatur siklus sel, mulai dari menentukan kapan suatu sel harus membelah, kapan sel tidak perlu membelah, dan kapan sel hanya perlu membesar saja. Fungsi ini adalah untuk semua jenis sel secara umum, kecuali sel kanker yang telah terkodekan di dalam gen yang berada pada inti sel.
  1. Inti sel untuk mengendalikan metabolisme selular.
Fungsi ini dapat terjadi karena adanya proses menghasilkan protein yang dilakukan melalui proses transkripsi dan translasi. Setiap gen akan menjadi protein yang dihasilkan melalui cetakan DNA. Protein tersebut nantinya akan menjadi enzim yang berperan dalam metabolisme sel atau metabolisme individu (multiselular). Demikian beberapa fungsi inti sel secara umum bagi setiap makhluk hidup.
Facebook Twitter Google+