Kumpulan Tugas IPA

Ringkasan Alat Pencernaan Manusia

Setiap kali manusia memasukkan makanan atau minuman ke dalam tubuh tentu saja akan menimbulkan reaksi dalam sistem pencernaan. Makanan dan minuman tersebut akan dicerna menjadi berbagai sumber energi dengan menggunakan bantuan oksigen yang diperoleh dari sistem pernapasan. Kemudian, sisa hasil pencernaan yang tidak dapat dipergunakan untuk membentuk suatu energi akan dikeluarkan menjadi feses.

Proses pencernaan pada manusia merupakan suatu proses yang melibatkan organ organ atau alat alat pencernaan manusia serta kelenjar pencernaan. Segala bentuk proses, organ, dan kelenjar pencernaan tersebut disebut sebagai sistem pencernaan yang berguna untuk menghancurkan bahan makanan menjadi sari makanan supaya dapat diserap oleh tubuh.

Alat Pencernaan Manusia

Proses pencernaan terbagi menjadi dua macam, yaitu pencernaan kimiawi dan pencernaan mekanik. Proses pencernaan secara kimiawi adalah proses pencernaan yang terjadi pada rongga mulut, usus, dan lambung dengan bantuan enzim. Sedangkan proses pencernaan secara mekanik adalah proses pencernaan yang terjadi di rongga mulut dengan cara menghancurkan makanan menggunakan gigi gigi yang dibantu oleh lidah.

Perbedaan yang mendasar dari kedua jenis proses pencernaan tersebut terletak pada tempat di mana makanan yang dikonsumsi diproses. Dalam tahapan proses pencernaan secara kimiawi, makanan dicerna dengan alat pencernaan manusia bagian dalam. Sedangkan dalam tahapan proses pencernaan secara mekanik, makanan dicerna dengan alat pencernaan bagian luar.
Alat pencernaan manusia terdiri dari enam bagian yang tersusun menjadi satu saluran. Jika saluran tersebut dipanjangkan dan diukur maka panjangnya akan mencapai 8,5 hingga 10 meter. Berikut ini adalah urutan alat pencernaan mulai dari bagian yang terluar sampai yang terdalam.
  1. Mulut
Pada mulut, makanan dicerna dengan menggunakan gigi, lidah, dan air liur. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanik, sedangkan air liur yang menghasilkan enzim merupakan salah bahan bantuan untuk memproses makanan secara kimiawi pada alat pencernaan di bagian dalam.
  1. Kerongkongan
Kerongkongan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan antara perut dan lambung.
  1. Lambung
Lambung merupakan tempat untuk mencerna makanan secara kimiawi dengan menggunakan enzim yang dihasilkan dari air liur yang disebut pepsin dan renin. Pepsin mengubah protein menjadi asam amino, dan renin berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein.
  1. Usus halus
Di dalam usus halus, makanan dicerna secara kimiawi yang dilakukan oleh getah empedu dan getah pangreas.
  1. Usus besar
Usus besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Di dalam usus besar ini terjadi penyerapan air dan garam garam mineral. Lalu sisa sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar.
  1. Anus
Anus merupakan bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa hasil pencernaan dalam bentuk tinja dan gas (kentut).
Facebook Twitter Google+