Kumpulan Tugas IPA

5 Fungsi Membran Sel Serta Penjelasan Lengkap

Membran sel (cell membrane atau plasma membrane atau plasmalemma) merupakan sebuah fitur yang sangat umum yang dimiliki oleh semua jenis sel berupa lapisan antarmuka yang disebut dengan membran plasma.Lapisan ini berguna untuk memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel, terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma. Salah satu fungsi membran sel adalah untuk melindungi bagian sel yang terletak di bagian yang lebih dalam atau sebagai pembatas antar isi sel dengan bagian luar sel. Selain itu, membran sel juga bermanfaar untuk memperkokoh sel dan mencegah sel supaya sel tersebut tidak pecah.

Fungsi Membran Sel

Fungsi membran sel yang lain adalah sebagai reseptor dari rangsangan luar dan sebagai tempat untuk melakukan pertukaran zat atau transpor molekul, serta dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi reaksi kimia. Dalam proses pertukaran zat atau peristiwa keluar masuknya zat melalui membran sel terdiri dari beberapa jenis, yaitu difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis. Berikut ini adalah penjelasan dari masing masing jenis peristiwa pertukaran zat dalam membran sel seperti yang telah disebutkan di atas:
  1. Difusi, merupakan peristiwa perpindahan zat dari konsentrasi tinggi atau hipertonis ke konsentrasi rendah atau hipotonis.
  2. Osmosis, merupakan kebalikan dari difusi, yaitu peristiwa perpindahan molekul zat pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.
  3. Transpor aktif adalah proses pengangkatan zat berupa glukosa dan asam amino yang dilakukan oleh sel. Transpor aktif memerlukan energi ATP untuk melewati membran semipermeabel.
  4. Endositosis, merupakan peristiwa masuknya suatu zat ke dalam sel akibat terjadi lekukan pada membran sel, sehingga mengakibatkan suatu zat terjebak di dalamnya.
  5. Eksositosis, merupakan kebalikan dari endositosis, yaitu peristiwa keluarnya suatu zat yang terbungkus oleh membran sel.
Secara umum, struktur membran sel terdiri dari beberapa komponen penyusun, yaitu sebagai berikut: lipoprotein, glikoprotein, glikolipid, dan dua lapis fosfolipid. Lipoprotein adalah gabungan antara lemak dan protein, glikoprotein merupakan senyawa karbohidrat yang berikatan dengan protein, glikolipid merupakan senyawa karbohidrat yang berikatan dengan lipid, dan fosfolipid adalah gabungan antara lemak dan posfat yang bersifat hidrofilik dengan ujung polar (larut dalam air). Demikian penjelasan struktur beserta fungsi membran sel.
Facebook Twitter Google+