Kumpulan Tugas IPA

Sistem Reproduksi Wanita Rangkuman Singkat

Sistem Reproduksi Wanita Rangkuman Singkat - Manusia sebagai mahkluk yang berakal pasti akan melakukan reproduksi untuk menghasilkan keturunan. Seperti halnya makhluk hidup lainnya yang melakukan perkembang biakan demi kelestarian jenisnya. Pembentukan manusia baru harus melalui sistem reproduksi pria dan wanita. Namun, pada kesempatan ini akan membahas sistem reproduksi wanita yang merupakan tempat pembuahan manusia baru. Sistem reproduksi pada wanita harus melibatkan alat reproduksi pada wanita. Sedangkan alat reproduksi yang dimiliki wanita memiliki beberapa bagian. Bagian-bagian dari alat reproduksi wanita itulah yang dinamakan sistem repsoduksi pada wanita.
Sistem Reproduksi Wanita

Bagian Alat Reproduki Wanita

  1. Ovarium, merupakan tempat pembentukan sel telur terletak pada rongga badan dengan jumlah sepasang.
  2. Tuba falopi, saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Tuba falopi jumlahnya sepasang dan menjadi tempat pembuahan sel telur oleh sperma.
  3. Rahim, merupakan tempat terbentuknya janin hingga kelahiran anak.
  4. V4gina, alat kelamin wanita yang menjadi tempat keluarnya bayi.
Pada waktu tertentu, ovarium yang menjadi tempat pembentukan sel telur ini akan melepaskan sel-sel telur ke dalam rahim yang terlebih dahulu melalui tuba falopi. Ketika sel telur berada di falopi terdapat sperma yang masuk maka akan terjadi pembuahan. Sehingga pembuahan terjadi pada di falopi. Sebaliknya, jika tidak ada sperma yang membuahi selama sel telur berada dalam falopi makan tidak akan terjadi pembuahan melainkan menstruasi pada wanita.

Sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma dinamakan zigot yang kemudian bergerak meuju rahim. Selama perjalanan menuju rahim, zigot telah membelah dirinya berkali-kali untuk membentuk embrio. Embrio yang telah terbentuk akan menempel pada dinding rahim dan akan tumbuh kembang di dalam rahim menjadi janin. Janin akan terus berkembang dari minggu ke minggu dalam rahim wanita hingga kurang lebih 9 bulan lamanya.

Demikian sistem reproduksi wanita yang dapat menghasilkan manusia baru untuk melestarikan keturunan. Pada dasarnya sistem reproduksi pada manusia harus terdapat dua alat reproduksi yakni pria dan wanita yang bertemu dan melakukan interaksi untuk menghasilkan janin.
Facebook Twitter Google+