Kumpulan Tugas IPA

Jenis Penyakit Pada Sistem Reproduksi dan Gejalanya

Sistem reproduksi merupakan bagian dari alat-alat reproduksi baik pria maupun wanita untuk berkembang biak. Demi kesehatan sistem reproduksi anda sebaiknya menjaga kesehatan alat-alat reproduksi anda supaya tidak terkena penyakit. Terdapat beberapa penyakit pada sistem reproduksi yang dapat menyerang baik wanita maupun pria dan ada juga yang hanya menyerang wanita atau pria saja. Tahukah anda penyakit apa saja yang menyerang sistem reproduksi pada manusia? Bagi anda yang belum tahu, berikut akan dijelaskan penyakit pada sistem reproduksi manusia:

Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Kanker serviks
Anda tentu sangat sering mendengar kata kanker serviks. Penyakit yang satu ini disebut-sebut termasuk dalam salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit yang menyerang wanita ini merupakan kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim yang disebabkan oleh virus HPV (Human papilloma virus). Kanker ini tidak menular namun jika sudah memasuki stadium lanjut harus ditangani pengangkatan uterus, oviduk, ovarium, sepertiga bagian atas v4gina, dan kelenjar limfa panggul. Oleh karena itu, selalu periksakan daerah reproduksi anda secara rutin.

Sifilis
Sifilis merupakan penyakit yang menyerang kelamin pria akibat bakteri Treponema pallidium. Bakteri tersebut dapat menyerang otak yang berujung pada kebutaan dan gila. Sifilis adalah salah satu penyakit yang bisa menular. Adapun gejalanya adalah:
  • Bercak-bercak di seluruh tubuh
  • Terdapat luka pada alat kelamin, lidah, rektum, dan bibir
  • Nyeri pada tulang dan sendi, terutama pada tangan dan telapak kaki
  • Terjadinya pembengkakan getah bening bagian paha.
  • Pengobatan pada sifilis dengan memberikan antibiotik.
AIDS
Penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar. AID atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah penyakit yang menyerang baik pria maupun wanita yang menyerang sel darah putih sehingga merusak sistem imun manusia. Penyakit ini termasuk dalam penyakit yang mematikan. Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human immunodeficiency virus) ini kabarnya belum memiliki obat untuk menyembuhkan penderitanya. Virus HIV ini dapat menular lewat darah dan cairan kelamin, baik melalui hubungan seksual, ASI, mauoun jarum suntik.

Itulah beberapa penyakit pada sistem reproduksi manusia yang sangat membahayakan kesehatan anda. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan anda dengan periksa secara rutin.
Facebook Twitter Google+