Kumpulan Tugas IPA

Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Kelainan atau gangguan pada sistem pernapasan manusia antara lain sebagai berikut:
Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan
  1. Asma merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan yang disebahkan oleh hypersensitive bronkiolus. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Sebab, pada kondisi ini saluran pernapasan utama pada paru-paru menyempit. Penyakit ini bisa disebabkan oleh alergi terhadap kondisi lingkungan, seperti debu, bahan kimia, serbuk sari, jamur, suhu yang dingin dan lain sebagainya.
  2. Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung bagian atas (sinus paranasalis). Penderita ditandai dengan hidung mampet, ingus berbau berwarna kuning kehijauan, dan terasa sakit pada daerah sinus yang terserang.
  3. Renitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung,yang dapat mengakibatkan rongga hidung membengkak. Bahkan apabila sudah parah, rongga hidung mengeluarkan lendir. Penyakit ini disebabkan oteh alergi terhadap benda tertentu. .
  4. Asfiksi merupakan gangguan pernapasan yang disebabkan adanya gangguan pada proses pendistribusian oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Penyebab dari penyakit ini bisa disebabkan oleh cairan Iimfa yang masuk ke afreolus karena infeksi diplococcus pneumococcu Kondisl inl mengakibatkan seseorang menderlta penyakit pneumonia
  5. bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan yang disebahkan infeksi bakteri yang menimpa pada selaput epitel bronkus. Gejala darl penyakit pneumonia biasanya ditandai oleh batuk yang dalam, dahak abu abu kekuning kuningan yang keluar paru-paru.
  6. Pneurnonia merupakan peradangan pada paru-paru yang menginfeksi dinding alveolus  yang disebabkan oleh jamur, virus ataupun bakteri.ciri ciri orang yang menderita penyakit ini ialah terhambatnya oksigen untuk masuk ke dalam darah karena alveolus terisi nanah, lendir, atau cairan yang lain.
  7. Tberculosis (TBC) merupakan peradangan yang menyerang dinding alveolus yang disebabkan adanya  bintil-bintil pada dinding dalam alveolus. Penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis pada jaringan paru-paru.cara penularan penyakit ini dapat melalui udara.
  8. 8.Pleuritis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput pembungkus paru-paru(pleura). Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru ataupun infeksi pada organ yang dekat dengan paru-paru. Peradangan ini dapat menyebabkan pleura menghasilkan cairan yang berlebih pada pleura yang dapat berakibat dada terasa sesak jika bernapas.
  9. Emfisema merupakan gangguan saluran pernapasan karena susunan dan fungsi alveolusi yang tidak normal. Penyakit ini ditandai dengan paru-paru yang tidak lentur lagi karena paru-paru, terendam, berkurangnya luas permukaan membran pernapasan karena terkikisnya sekat antara lveoli. Penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan bernapas karena  udara yang dihirup sangat sedikit.
Facebook Twitter Google+