Kumpulan Tugas IPA

Gejala Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang harus anda jaga sebaik mungkin. Pastikan bahwa ginjal anda baik-baik saja dengan mengenali gejala penyakit ginjal dalam tubuh anda. Gejala penyakit ginjal harus diperhatikan sedini mungkin sebelum menyerang organ vital anda yang satu ini. Mengingat bahwa ginjal fungsinya sebagai tempat penyaringan dari sisa zat-zat metabolisme yang sifatnya beracun dan membantu membersihkan darah.
Gejala Penyakit Ginjal

Zat-zat sisa tersebut harus dikeluarkan karena sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh, dalam hal ini dinamakan kotoran yang berbahaya bagi tubuh manusia. Jika ginjal anda bermasalah, maka tidak bisa menyaring zat sisa tersebut sehingga racun dalam kotoran tidak bisa dikeluarkan dan akan mengendap dalam tubuh anda. Hal ini sangat berbahaya bagi organ tubuh yang lainnya. Oleh karena itu, segera kenali gejala penyakit ginjal yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anda. Berikut gejala-gejala penyakit ginjal:
  • Terjadinya demam tinggi yang diserta rasa mual dan muntah, serta rasa sakit pada pinggang.
  • Sering membuang air kecil pada tengah malam.
  • Nafsu makan akan berkurang sehingga berat badan anda akan turun.
  • Merasakan sesak napas sehingga terasa sulit untuk bernapas dan disertai bau saat bernapas. Namun bukan berarti asma.
  • Sering merasakan lelah, capek, dan badan terasa lemas.
  • Wajah, kaki, tangan, dan pergelangan akan terjadi pembengkakan karena ginjal tidak bisa mengeluarkan zat sisa dengan baik.
  • Air seni akan berubah warna, berbusa, dan jumlah air seni berkurang dari sebelumnya.
Gejala penyakit ginjal diatas tidak bisa dianggap remeh. Ketika anda mengenali beberapa gejala diatas pada tubuh anda segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pertolongan sejak dini sebelum ginjal anda terkena penyakit. Gejala penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja dalam waktu kapan saja.

Penyakit ginjal sewaktu-waktu dapat menyerang anda atau keluarga anda dan akibatnya akan sangat fatal. Penyakit ginjal yang paling parah yakni adanya gagal ginjal yang mengharuskan penderita cuci darah atau mencangkok ginjal. Sayangi ginjal anda jika ingin hidup sehat. 
Facebook Twitter Google+